Batas Waktu Cetak Tiket Kereta

 

Dewasa ini fasilitas dan pelayanan kereta api memang sudah semakin meningkat. Karena, PT KAI sekarang  terus berbenah. Hal ini bertujuan agar membuat masyarakat semakin nyaman menggunakan kereta api ketika bepergian jauh. Kemudahan-kemudahan ini terbukti dengan adanya pelayanan pembelian tiket kereta api secara online.

Nah, untuk pembelian tiket secara online ini Anda bisa mencetak sendiri tiket tersebut di stasiun. perlu Anda ketahui, dalam mencetak tiket kereta api ini Anda tidak bisa sembarangan. Mengapa demikian? Karena ada aturan yang dibuat mengenai batas waktu cetak tiket kereta yaitu dalam rentang waktu 7 hari atau 7×24 jam. Sedangkan, untuk batas minimalnya yaitu 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai batas waktu cetak kereta api serta cara cetak tiket kereta, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Cetak Boarding Pass di Check-In Counter

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aturan batas waktu cetak tiket kereta memang mengalami perubahan menjadi lebih lama. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Namun, hal ini dilakukan untuk mengurangi antri panjang. Karena, kebanyakan calon penumpang ini mencetak tiket di hari-hari terakhir sebelum keberangkatan atau bagkan 10 menit sebelum keberangkatan.

Dengan perubahan batas waktu cetak tiket kereta ini, tentu saja masyarakat akan sangat mudah. Nah, calon penumpang bisa mencetak tiket kereta ini dengan menggunakan kode pembayaran yang diterima hanya di stasiun keberangkatan yang di pilih. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tiket kereta ini bisa di cetak jauh-jauh hari yaitu seminggu sampai dengan 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

 

Ada persyaratan yang harus dibawa ketika akan mencetak tiket kereta api yaitu penumpang harus membawa identitas KTP, selain itu juga bisa menggunakan identitas asli resmi  lainnya seperti, Surat Izin Mengemudi (SIM), Passpor, Kartu Tanda Mahasiswa, Kartu Pegawai, Buku Nikah atau Ijazah Terakhir.

Perlu Anda ketahui dan Anda ingat, bahwa tiket kereta atau boarding pass yang dimiliki tersebut tidak bisa dipindahtangan kepada orang lain. Dengan kata lain, hanya pemilik tiket asli atau sesuai dengan data identitas yang tercantum yang bisa menggunakan keberangkatan kereta.

Peraturan Terbaru Kereta Api

Selain mengubah batas waktu cetak tiket kereta, kini PT KAI juga memiliki beberapa aturan baru yang harus dipatuhi oleh setiap penumpangnya. Aturan yang dibuat ini bukan semata-mata untuk keuntungan sendiri, namun peraturan ini untuk keamanan dan kenyamanan penumpang. Apa saja peraturan tersebut? berikut ini ulasannya:

  • Kini PT KAI semakin meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para penumpang dengan mengubah aturan waktu masuk ke dalam peron stasiun yaitu 3 jam sebelum jadwal keberangkatan sudah dapat masuk ke peron stasiun. hal ini berbeda dengan peraturan yang sebelumnya yaitu 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Selain itu, PT KAI juga memberikan peraturan tambahan lain diantaranya ketentuan bagi para penumpang ibu hamil, tiket infant untuk anak usia dibawah 3 tahun, serta aturan larangan tidur di lantai kabin maupun bordes kereta api. Peraturan para penumpang di larang tidur di lantai kabin dan bordes ini dikarenakan memang sangat berbahaya, selain itu hal tersebut juga bisa mengganggu jalannya evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Catatan penting bagi para pengguna kereta api, bahwa semua peraturan tambahan yang dibuat oleh PT KAI ini memang perlu diterapkan agar rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa layanan kereta api.

Cara Cetak Tiket Kereta Api

Kemudahan membeli tiket secara online memang sangat memudahkan masyarakat. Untuk memesan tiket kereta ini searing bisa dimana pun tempatnya, kapan saja dan bisa beli dimana saja. Dengan kata lain, pemesanan tiket ini bisa dilakukan jika terdapat sambungan internet yang lancar. Bagi sebagian orang yang udah terbiasa memesan tiket secara online memang hal ini terasa sangat mudah untuk dilakukan. Namun, bagaimana bagi orang yang tak pernah melakukannya?

Bagi masyarakat yang belum pernah membeli tiket kereta api secara online pasti bingung, apa yang harus dilakukan dan bagaimana. Namun, kini Anda tak perlu bingung bahkan khawatir, karena membeli tiket secara online dan mencetaknya sebenarnya cukup mudah, karena kita hanya perlu mengikuti prosedur yang ada.

Meskipun Anda sudah memesan tiket kereta secara online, bukan berarti Anda bisa langsung menaiki kereta. Ada peraturan lainnya untuk pembeli tiket secara online dengan cara mencetaknya di mesin cetak yang sudah tersedia di stasiun.

Cara mencetakknya cukup mudah yaitu hanya dengan menukarkan kode booking tiket tiket dan mencetak tiketnya. Perlu Anda ketahui, bahwa mencetak tiket tidak bisa dilakukan di stasiun manapun, melainkan cara penukaran dan pencetakan tiket ini dilakukan di stasiun keberangkatan. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mencari atau menanyakan dimana mesin pencetak tiket kereta tersebut berada pada petugas stasiun. jika mesin cetak sudah ketemu. setelah ketemu, Anda bisa langsung memasukkan kode booking, dan cetak boarding pass atau tiket kereta apinya.

Tiket kereta api yang asli akan ada warna orange di bagian atas dan bawahnya, selain itu kertas tiket kereta yang asli ini juga sangat lembut. Yang pasti tiket kereta api ini berisi data diri Anda beserta tujuan dan nominal harga yang sudah dibayarkan. Perlu Anda ketahui minimal mencetak tiket kereta api yaitu 10 menit sebelum kereta api berangkat. Alangkan baiknya jika Anda mencetak tiket kereta api ini jauh-jauh hari, dengan tujuan agar Anda tidak terburu-buru atau ketinggalan kereta api yang mengakibatkan tiket Anda hangus.

 

Perlu diingat bagi semua orang pengguna kereta api yang memesan tiket secara online bahwa kode booking yang tertera di struk pembelian tiket jangan sampai lupa atau bahkan hilang. Karena, jika saja struk tersebut hilang, maka Anda tidak akan bisa mencetak tiketnya. Sehingga bisa dibilang tiket kereta tersebut hangus.

Jika Anda masih bingung dalam mecetak tiket kereta api, Anda tak perlu malu untuk meminta bantuan pada petugas KAI. Jika memang di staiun tersebut belum menyediakan mesin cetak tiketnya, Anda bisa langsung minta cetakkan pada petugas stasiun kereta di bagian loket cetak tiket.

Batas Waktu Cetak Tiket Kereta

Agar Anda tidak terburu-buru dan mengantisipasi ketinggalan kereta,  Anda bisa mencetak tiket H-7 keberangkatan atau seminggu sebelum hari keberangkatan kereta api. Dengan  batas waktu yang panjang ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna serta mengurangi antri. Namun, satu jam sebelum keberangkatan Anda juga masih bisa melakukan pencetakan tiket kereta. Perlu diingat kembali, cetak tiket ini hanya bisa dilakukan di stasiun keberangkatan.

Demikian ulasan lengkap tentang batas waktu cetak tiket kereta. Bagaimana, cara yang mudah kan untuk mencetak tiket kereta? Bahkan, batas waktu cetak tiket juga cukup lama, sehingga bisa memudahkan pengguna kereta. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *